Rabu, 17 April 2013

PERAWATAN MOTOR SPORT


Motor sport berlambang garputala ini termasuk motor sport favorit masyarakat. Dengan mengusung mesin 225 cc dan mempunyai suspensi monosok. Pada usia pemakaian setelah setahun minimal parts yang harus diganti seperti kampas rem depan dan belakang.

Selain itu, agar kualitas oli tetap baik filter oli juga perlu diganti. "Bagian lainnya, Scorpio setelah pemakaian satu tahun vakum karburator sebaiknya dicek juga. Kalau rusak harus diganti harga Rp 600 ribu," kata Idon Bara Kharisma mekanik Yamaha Berlian Banjaran di Jl. Raya Kamasan, No. 233, Banjaran, Bandung.

Vakum karbu yang rusak ini biasanya dari kualitas bahan bakar yang kurang baik. "Bisa rusak karena bensin masuk bersama kotoran. Itu yang bikin mampet dan rusak," tambah Idon.

Bagian komponen lainnya yang juga harus diperhatikan seperti peranti pengereman. Penghenti laju motor ini harus dalam keadaan baik. Kalau kampasnya habis dan dipaksakan tetap dipakai bisa merusak merusak piringan cakram," lanjut Idon.

Biar lebih aman dan nyaman jangan lupa lakukan servis ringan berkala. Hanya dengan biaya Rp 60 ribu untuk servis ringan dan Rp 90 ribu untuk servis berat. Sedangkan untuk overhoul atau turun mesin dikenakan Rp 130 ribu.  (motorplus-online.com)

DAFTAR HARGA
Kampas rem depan: Rp 75 ribu
Kampas rem belakang: Rp 55 ribu
Busi: Rp 12 ribu
Filter oli :Rp 85 ribu
Filter udara :Rp 35 ribu
 

Tidak ada komentar: