Rabu, 17 April 2013

PERAWATAN MOTOR SPORT


Motor sport berlambang garputala ini termasuk motor sport favorit masyarakat. Dengan mengusung mesin 225 cc dan mempunyai suspensi monosok. Pada usia pemakaian setelah setahun minimal parts yang harus diganti seperti kampas rem depan dan belakang.

Selain itu, agar kualitas oli tetap baik filter oli juga perlu diganti. "Bagian lainnya, Scorpio setelah pemakaian satu tahun vakum karburator sebaiknya dicek juga. Kalau rusak harus diganti harga Rp 600 ribu," kata Idon Bara Kharisma mekanik Yamaha Berlian Banjaran di Jl. Raya Kamasan, No. 233, Banjaran, Bandung.

Vakum karbu yang rusak ini biasanya dari kualitas bahan bakar yang kurang baik. "Bisa rusak karena bensin masuk bersama kotoran. Itu yang bikin mampet dan rusak," tambah Idon.

Bagian komponen lainnya yang juga harus diperhatikan seperti peranti pengereman. Penghenti laju motor ini harus dalam keadaan baik. Kalau kampasnya habis dan dipaksakan tetap dipakai bisa merusak merusak piringan cakram," lanjut Idon.

Biar lebih aman dan nyaman jangan lupa lakukan servis ringan berkala. Hanya dengan biaya Rp 60 ribu untuk servis ringan dan Rp 90 ribu untuk servis berat. Sedangkan untuk overhoul atau turun mesin dikenakan Rp 130 ribu.  (motorplus-online.com)

DAFTAR HARGA
Kampas rem depan: Rp 75 ribu
Kampas rem belakang: Rp 55 ribu
Busi: Rp 12 ribu
Filter oli :Rp 85 ribu
Filter udara :Rp 35 ribu
 

TIPS PERAWATAN SHOCKBREKER

Tapi enggak banyak yang tahu kalau ternyata sokbreker tunggal sendiri memiliki beberapa tipe seperti model monocross yang dipakai pada Yamaha Scorpio.


Terus apa bedanya sama monosok biasa? Gampangnya, kalau model monosok pegangan sokbreker terhubung langsung pada sasis dan swing arm.

 Lain cerita kalau model monocross, sebab bagian bawahnya enggak langsung menumpu pada arm melainkan melalui link.

 Menurut Ari Kristanto dari bengkel GMotor, tipe monocross seperti yang diaplikasi pada 'Kalajengking' memiliki kemampuan lebih baik saat melewati medan berhandicap. Walau begitu, bukan berarti sok belakang si Scorpie enggak butuh perawatan lo!
  
Rekomendasi dari pabrikan sendiri atas penggunaan sok berkisar 20.000 km. "Itu dikarenakan setiap komponen seperti sil sok dan pelumas memiliki usia pakai layaknya komponen lain," tambah mekanik serba bisa ini.
Nah demi mencegah kerusakan, lakukan perawatan seperti selalu menjaga kebersihan as sok. Kalau peranti ini kotor, bisa merusak kerja sil. Alhasil oli sok bisa bocor dan sok bisa amblas.

Buat yang sudah telanjur rusak, sil bisa direparasi ahli sok seperti Acang dari Acang Motor yang memasang banderol Rp 30 ribu untuk ongkos kerja termasuk silnya.

"Saya sering menerima monosok yang silnya udah rusak," ujar Acang
Selain itu, link pada tipe suspensi monocross sebaiknya juga harus ikut diperhatikan. Kalau dicuekin, awalnya sih cuma akan menimbulkan bunyi cit-cit seperti tikus. Tapi kalau dibiarkan bos bisa aus dan akhirnya hancur.

Caranya perawatan link itu gampang, kok! Pertama buka dulu baut pengikat as pakai kunci 17 dan 19. Setelah itu tarik keluar as dan langsung olesi gemuk
Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah beban maksimum yang dapat digendong sok. "Dipastikan jika sering menerima beban berlebih bisa memperpendek umur sok," urai ahli sok yang mangkal di Jl. Tambak No.50, Jakarta ini.

Buat yang enggak tahu batas kapasitas daya angkut sok, Acang punya triknya. "Lihat aja ukuran max load (gbr.4) yang tertera pada ban belakang. Usahakan beban angkut tak lebih dari angka yang tercantum pada ban belakang tersebut," tutupnya.

Sumber :Penulis/Foto: Atenk / Atenk - otomotifnet.com

TIPS MERAWAT KARBURATOR

Scopie emang mantap tapi untuk urusan karbu kita yang punya kudu rajin dan teliti karna kebanyakan masalah pada scopie timbul dari karbu dan sok belakang yang sering oblak
makanya kita harus teliti jangan sampai mengganggu kenyamanan berkendara
Berikut tips untuk ngerawat karbu scopie kita
Umunya join karbu atau manipol berbahan karet tapi di scopie didalemnya terbuat dari bejana, makanya sering menimbulkan kerak apabila kerak sampai menumpuk, akan terjadi seperti gas nyantol.
Untuk yang doyan turing harus rajin- rajin ngerawat karbu dengan cara diamplas dengan amplas halus.
kebersihan skep juga perlu dijaga dengan rutin membersihkan filter udara karena filter udara scopie masih mengunakan dobel busa yakni busa halus dan kasar yang berfungsi untuk menyaring debu, bila dibiarkan terlalu lama maka akan meyebabkan debu ikut terhisap dan akan berakibat menempel pada skep sehingga skep jadi baret.
Ini berakibat tingkat kepresisian skep akan berkurang menimbulkan keakurasian debit udara yang dikonsumsi jadi menurun, ini bisa menyebabkan bensin menjadi boros, hati -hati juga kalau membuka karet membran skep karena kalau tidak presisi akan menyebabkan motor susah langsam jika ini terjadi cek kondisi karet membran skep jika ada yang bolong atau sobek segera ganti.

TIPS MERAWAT RANTAI

Buat pengendara Scorpio yg memiliki bobot 80 kg ke atas, monosok 'orsi' dirasakan terlalu empuk.Atau bila dipakai berboncengan, kadang juga terasa ambles. sad
Untuk memperkeras 15% kejutan monosok belakang,cukup pangkas anting monocrosnya 5 mm.Caranya, pada posisi perangkat monocros dan lengan ayun terpasang, lepas terlebih dahulu anting monocros.
Kemudian tepat pada pangkal bushingnya, silakan dipotong. Lanjutkan dengan memotong mundur 4-5 mm, kemudian sambung lagi dengan las. Dari hasil pemotongan anting ini, lengan ayun dapat turun sesuai dengan keingin, otomatis buritan jadi lebih nungging. Selain itu body belakang tak terkesan ambles saat dipakai boncengan. Sementara standar tengah tetap bisa dipakai. smile


PASANG RAISER BIAR LEBIH AMAN
Setelah body belakang nungging, silakan mengatur ulang sektor kemudi. Bisa dengan memasang raiser atau dudukan tambahan buat setir dan lanjutkan dengan menurunkan segitiga 4 cm.
Ini cocok untuk penyuka touring, atau pengendara yg memiliki postur tubuh dibawah 160 cm. Pemasangan raiser dan menurunkan segitiga ini, bertujuan untuk memperbanyak gerak bebas tangan. Dengan tambahan raiser, gaya berkendara jadi mirip seperti saat nyemplak motor bebek. Alhasil pinggul tak mudah ngilu, meski berkendara dalam perjalanan jauh..


ATUR ULANG JALUR KABEL GAS
Usai memasang raiser, otomatis stang kemudi jadi jatuh kebelakang. Efeknya pada kabel gas, selongsongnya jadi lebih tertarik dan mudah memicu terjadinya gas mbandang. Silakan atur ulang jalur kabelgas, dengan tujuan agar tak terlalu banyak tambahan atau klem pelindung yg harus dilewati. Dengan begitu, kabel gas akan tetap memiliki speeling bebas meskipun dipakai menikung.


RANTAI ANTI BENSIN DAN MINYAK TANAH
Awas saat merawat rantai, jangan sampai disamakan perlakuannya dengan rantai motor bebek yg biasanya hanya menggunakan bensin atau minyak tanah untuk membersihkannya..!! Pasalnya rantai Scorpio mengaplikasi model O-ring terbuat dari karet olahan dan pantangan terhadap bensin dan minyak tanah.. twisted
Konstruksi rantainya memiliki sil karet berbentuk bulat pada bush dan roller. Dalam celah O-ring nya berisi grease alias gemuk yg bisa tahan hingga 20 ribu km. Alhasil tak perlu dilumasi ! kalau kotor cukup di lap saja. Karena rantai yg menggunakan O-ring seperti Yamaha Scorpio tak perlu mengoles rantai. Lantaran telah memiliki sistem pelumasan sendiri yg tersimpan pada engsel rantai. Cukup dibersihkan menggunakaair sabun dan menyikat bagian luar saja. Bisa juga memakai chain cleaner yg dikemas khusus untuk merontokkan kerak telor "maaf kerak dan kotoran" pada rantai. idea


Semoga bermanfaat .. dan WASSALAAM..