Rabu, 17 April 2013

TIPS MERAWAT RANTAI

Buat pengendara Scorpio yg memiliki bobot 80 kg ke atas, monosok 'orsi' dirasakan terlalu empuk.Atau bila dipakai berboncengan, kadang juga terasa ambles. sad
Untuk memperkeras 15% kejutan monosok belakang,cukup pangkas anting monocrosnya 5 mm.Caranya, pada posisi perangkat monocros dan lengan ayun terpasang, lepas terlebih dahulu anting monocros.
Kemudian tepat pada pangkal bushingnya, silakan dipotong. Lanjutkan dengan memotong mundur 4-5 mm, kemudian sambung lagi dengan las. Dari hasil pemotongan anting ini, lengan ayun dapat turun sesuai dengan keingin, otomatis buritan jadi lebih nungging. Selain itu body belakang tak terkesan ambles saat dipakai boncengan. Sementara standar tengah tetap bisa dipakai. smile


PASANG RAISER BIAR LEBIH AMAN
Setelah body belakang nungging, silakan mengatur ulang sektor kemudi. Bisa dengan memasang raiser atau dudukan tambahan buat setir dan lanjutkan dengan menurunkan segitiga 4 cm.
Ini cocok untuk penyuka touring, atau pengendara yg memiliki postur tubuh dibawah 160 cm. Pemasangan raiser dan menurunkan segitiga ini, bertujuan untuk memperbanyak gerak bebas tangan. Dengan tambahan raiser, gaya berkendara jadi mirip seperti saat nyemplak motor bebek. Alhasil pinggul tak mudah ngilu, meski berkendara dalam perjalanan jauh..


ATUR ULANG JALUR KABEL GAS
Usai memasang raiser, otomatis stang kemudi jadi jatuh kebelakang. Efeknya pada kabel gas, selongsongnya jadi lebih tertarik dan mudah memicu terjadinya gas mbandang. Silakan atur ulang jalur kabelgas, dengan tujuan agar tak terlalu banyak tambahan atau klem pelindung yg harus dilewati. Dengan begitu, kabel gas akan tetap memiliki speeling bebas meskipun dipakai menikung.


RANTAI ANTI BENSIN DAN MINYAK TANAH
Awas saat merawat rantai, jangan sampai disamakan perlakuannya dengan rantai motor bebek yg biasanya hanya menggunakan bensin atau minyak tanah untuk membersihkannya..!! Pasalnya rantai Scorpio mengaplikasi model O-ring terbuat dari karet olahan dan pantangan terhadap bensin dan minyak tanah.. twisted
Konstruksi rantainya memiliki sil karet berbentuk bulat pada bush dan roller. Dalam celah O-ring nya berisi grease alias gemuk yg bisa tahan hingga 20 ribu km. Alhasil tak perlu dilumasi ! kalau kotor cukup di lap saja. Karena rantai yg menggunakan O-ring seperti Yamaha Scorpio tak perlu mengoles rantai. Lantaran telah memiliki sistem pelumasan sendiri yg tersimpan pada engsel rantai. Cukup dibersihkan menggunakaair sabun dan menyikat bagian luar saja. Bisa juga memakai chain cleaner yg dikemas khusus untuk merontokkan kerak telor "maaf kerak dan kotoran" pada rantai. idea


Semoga bermanfaat .. dan WASSALAAM..

Tidak ada komentar: